Senin, 18 Februari 2013

Resep Cara Membuat Opor Ayam Nikmat


Opor ayam merupakan salah satu menu wajib yang harus ada ketika merayakan Hari Raya Idul Fitri. Namun, jika anda yang hoby dengan opor ayam tidak perlu menunggu lebaran untuk dapat menyantapnya karena opor ayam juga cocok dihidangkan sebagai menu sarapan dan cara membuat opor ayam pun relatif mudah sehingga kemungkinan dapat dibuat oleh siapa saja.

Sebelum berbicara mengenai cara membuat opor ayam, sebaiknya anda juga tahu mengenai efeknya jika terlalu banyak makan opor ayam. Opor ayam adalah menu makanan yang identik dengan kuah kental dan berwarna kuning. Namun, bagi anda yang memiliki riwayat kolesterol tinggi sebaiknya anda batasi dalam makan opor ayam karena jika tidak, kadar kolesterol anda akan semakin naik. Hal ini juga berlaku bagi anda yang tidak memiliki riwayat penyakit kolesterol, karena kandungan lemak dari opor ayam ini memang relatif tinggi sehingga kurang baik untuk kesehatan.

Nah, pada kesempatan yang baik ini admin akan membagikan mengenai cara membuat opor ayam. Berikut langkah-langkah yang harus anda perhatikan dan bahan yang harus anda siapkan.



Bahan-bahan :

- 1 ekor ayam, potong-potong
- 750 ml santan dari 1 butir kelapa (encer)
- 2 sendok teh gula jawa
- 1 batang serai dimemarkan
- 3 lembar daun jeruk purut
- 4 sendok makan minyak goreng

Bumbu yang dihaluskan:

- 5 butir bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 5 butir kemiri
- 1 sendok teh merica bulat
- 1 sendok teh ketumbar
- 1 cm laos/lengkuas
- 2 sendok teh garam
- 2 sendok makan minyak goreng

Cara membuat opor ayam :

1. Panaskan minyak goreng dan goreng potongan ayam sampai setengah matang kemudian tiriskan
2. Kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga tercium bau harum
3. Tambahkan santan, gula, serai dan daun jeruk purut. Masak hingga menididh.
4. Masukkan potongan ayam yang sudah digoreng setengah matang tadi kemudian rebus hingga ayam empuk dan kuahnya mengental.
5. Opor ayam siap untuk dihidangkan

Nah, itulah beberapa bahan yang dibutuhkan dan cara membuat opor ayam. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba semoga sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar